Segala Informasi, Teknologi, Toturial ada disini...

Friday 28 December 2018

Inovasi Saya Untuk 5 Tahun Kedepan


Hasil gambar untuk Pemilu
sumber foto : geotimes.co.id

Tidak dapat di pungkiri pada era modern saat ini pertumbuhan teknologi semakin berkembang pesat. Bukan hanya itu saja, setiap orang ingin berlomba - lomba untuk menciptakan suatu teknologi informasi yang bisa berguna dan bermanfaat bagi orang banyak dalam mempermudah aktifitas seseorang, mau itu dalam aktifitas bekerja, sekolah, bermain atau yang lain sebagainya. Contohnya aplikasi berbasis transportasi online yang ada di indonesia seperti Go-Jek, Grab dan Uber menjadi sarana kebutuhan masyarakat banyak dalam mempermudah berpergian dari satu tempat ke tempat lainnya dengan hanya menunggu di lokasi tanpa harus berjalan dan mencari kendaraan transportasi sesuai tujuan. Begitupula aplikasi online shop atau market place yang mempermudah seseorang membeli suatu barang tanpa harus datang ke lokasi penjual tersebut, dengan menggunakan smartphone atau komputer seseorang bisa dengan mudah membeli barang yang di inginkan dan barang tersebut akan di kirimkan melalui kurir pengiriman barang yang telah di sediakan pada online shop atau market place tersebut.

Lalu aplikasi apa lagi yang akan muncul di kemudian hari dengan inovasi - inovasi yang baik dalam kebutuhan masyarakat? Di postingan kali ini, saya ingin menuliskan tentang inovasi berbasis teknologi informasi yang saya ingin buat untuk lima tahun kedepan yang nantinya bermanfaat untuk orang banyak.

Pemilihan Umum (PEMILU) di 2019 nanti masyarakat dalam menentukan pilihan kandidatnya masih di lakukan secara manual dengan menggunakan kertas yang berfoto kandidat - kandidat yang telah ditetapkan dalam pemilihan umum tersebut, yang nantinya setiap orang dalam memilih kandidat tersebut dengan cara mencobloskan pilihannya. Di setiap pemilihannya akan di kumpulkan dan di kelola oleh KPU tersebut dalam menentukan hasil siapa yang akan terpilih.

Dari hal tersebut menurut saya bisa di lakukan dengan efesien dalam Pemilihan Umum (PEMILU) yang akan dilakukan mendatang dengan pemilihannya menggunakan smartphone ataupun komputer berbasis aplikasi. Pada aplikasi yang akan dibuat langkah awal untuk bisa melalukan Pemilihan Umum, yaitu masyarakat wajib mendaftarkan diri dengan tiga tahapan untuk tidak terjadinya duplikat data atau kecurangan yang dilakukan oleh pemilih atau peserta. Data tersebut yang pertama pemilih harus mencatumkan nomer KTP, kedua adanya scanning wajah dan yang ketiga ini hal yang sangat penting dan unik dalam mengidentifikasi orang tersebut menggunakan sidik jari, karena sidik jari setiap orang pasti berbeda dengan yang lain. 

Jika ketiga tahapan atau inputan tersebut telah terpenuhi, maka peserta atau pemilih bisa langsung menentukan pilihan kandidat yang di inginkan, lalu data tersebut akan terkirim ke server database pusat yang di kelola secara otomatis pada sistem. Setelah voting pemilihan telah sepakat untuk ditutup maka hasil atau outputan akan menentukan kandidat siapa yang akan terpilih, sesuai dengan data yang diterima dari masyarakat yang telah melakukan pemilihan.

Namun disisi lain, konsep ini masih banyak kelemahan terutama dari kampuan setiap individu yang terkadang masih gaptek(gagap teknologi). Apa lagi di usia lansia atau masyarakat yang tinggal di pedesaan, masih kurang paham tentang teknologi terutama dalam mengoprasikannya.

0 comments:

Post a Comment