Segala Informasi, Teknologi, Toturial ada disini...

Tuesday 31 March 2020

Teknologi Animasi

Animasi merupakan film yang menarik untuk dilihat, namun dibalik itu semua memiliki cara pembuatannya yang unik serta butuh kreatifitas yang tinggi. Kita ketahui animasi banyak disukai dari segala kalangan usia, baik dari anak kecil sampai orang dewasa. Berbagai macam film animasi kini banyak beredar, mulai dari film animasi sederhana sampai film animasi yang dikemas sedemikian rupa hingga terlihat nyata dan menonjol. Film animasi sendiri memiliki banyak jenis jika dilihat dari awal mula terbentuk hingga sekarang.  Jenis-jenis film animasi dilihat dari teknologi dapat dijabarkan antara lain :

1. Animasi Clay
Animasi Clay atau bisa juga disebut dengan film animasi stop motion merupakan film animasi dengan teknik yang paling sederhana yang dilakukan dengan menangkap atau merekam gerakan demi gerakan yang nantiya akan digerakkan satu persatu sehingga objek terlihat bergerak. Teknik ini termasuk salah satu teknik yang paling mudah untuk dipraktekkan. Film animasi terkenal yang menggunakan teknik ini adalah film animasi Chicken Run, dan Corpse Bride.
Corpse Bride Movie Poster
sumber : http://www.impawards.com/

2. Animasi 2D
Pada animasi 2D, figur animasi tersebut dibuat dan diedit di komputer dengan menggunakan 2D bitmap graphics atau 2D vector graphics. Film animasi yang dihasilkan cenderung datar tanpa terlihat dimensi ekstra yang membuat sebuah gambar terlihat nyata. Beberapa contoh karya dari film animasi 2D adalah kartun-kartun seperti Naruto, One Piece, Detective Conan, dan Tom & Jerry.
Berkas:Tom and Jerry.png
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Tom_and_Jerry.png

3. Animasi 3D
Animasi 3D merupakan penciptaan gambar bergerak dalam ruang digital 3 dimensi. Hal ini dilakukan dengan membuat frame yang mensimulasikan masing-masing gambar, difilmkan dengan kamera virtual, dan output-nya berupa video yang sudah di-rendering atau Realtime, jika tujuannya untuk membuat game. Animasi 3D biasanya ditampilkan dengan kecepatan lebih dari 24 frame per detik. Konsep animasi 3D sendiri adalah sebuah model yang memiliki bentuk, volume, dan ruang. Animasi 3D merupakan jantung dari game dan virtual reality, tetapi biasanya animasi 3D juga digunakan dalam presentasi grafis untuk menambahkan efek visual ataupun film.
sumber : https://mateus76.blogspot.com/


RefrensiIDS (International Design School)

0 comments:

Post a Comment